Mengejar Impian (Abadi)

Masa depan adalah sesuatu yang pasti, langkah dan tindakan kita saat ini adalah rangkaian menuju kedudukan dan status kita kelak

Catatan ini sebetulnya terinspirasi dari acara Kick Andy edisi Jum’at 19 Maret yang lalu, ketika salah satu teman saya di Fesbuk, ditandai dalam sebuah foto salah satu bintang tamu dalam acara tersebut, kang Pur biasa kita manggilnya dulu.  DR. Purwadi, M.Hum , Salah satu Bintang tamu acara  Kick Andy kali itu, memang dikenal sebagai pribadi yang sederhana, ketika masih kuliah dulu, Ia yang biasa ditemui di Gelanggang Remaja Mahasiswa yang juga berfungsi sebagai masjid kampus (saat saya kuliah, di kampus belum ada masjid kampus), sangat mudah dikenali, dari khas baju batiknya, peci hitam, tas pasar berwarna biru dan sepeda onthelnya…Saat saya kuliah, Kang Pur sedang menempuh Studi S2 Nya, dan sekarang beliau sudah menjadi seorang Doktor Filsafat, yang katanya selain sepeda onthelnya, Ia sudah memiliki sepeda motor, dan sebuah mobil juga. Namun tentunya bukan itu yang menjadi sorotan ketika menjadi Bintang Tamu dalam acara Kick Andy, namun perjuangannya dalam meraih mimpi untuk menjadi seorang akademisi, dengan perjalanan yang luar biasa, berangkat dari keluarga yang sederhana, dan perjuangannya yang tanpa kenal lelah membuahkan hasil yang manis dengan meraih mimpi kesuksesan dibidang akademik.

Tema Kick Andy kali itu memang mengangkat kisah beberapa akademisi dalam bidang keilmuan yang berbeda, berasal dari keluarga yang sederhana, namun dengan perjuangan yang sungguh-sungguh, mimpi yang mereka kejar akhirnya mampu terwujud, sebuah imbalan yang cukup pantas, mengingat perjuangan dan kegigihan dalam menjalani proses tersebut.

Bagi saya Pribadi, perjuangan mereka, tentunya membuahkan pelajaran yang sangat berharga, ketika dalam kondisi seadanya, mereka mampu melewati setiap rintangan yang menghadang impian mereka, mengalahkan keputusasaan yang setiap saat mengancam perjalanan kesuksesannya, menjaga kesabaran dalam setiap kesulitan yang dihadapi. Dan Pelajaran terpenting bagi saya adalah, mengambil hikmah, bahwa setiap impian perlu kita perjuangkan dengan sungguh-sungguh dan secara sadar, menjalani proses dan melakukan tindakan yang menenentukan ke arah impian tersebut.

Lalu, mengapa judul catatannya Mengejar Impian Abadi ? ya, karena ternyata kehidupan di dunia ini hanya sementara, dan waktu yang sementara inilah ternyata menentukan status kita di Kehidupan Akhirat,  Impian Abadi bagi semua manusia, atas kebahagiaan yang kekal seperti janjiNYA.

  • Firman Allah dalam Surah AL AN’AAM, ayat 132:
    “Dan masing-masing orang memperoleh derajat sesuai dengan apa yang  dikerjakannya. Dan Tuhanmu tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan “.
  • Firman Allah dalam Surah AN NAHL, ayat 30:
    “Dan sesungguhnya kampung akhirat adalah lebih baik dan itulah sebaik-baik tempat bagi orang yang bertaqwa “

Dan saya mencoba merenungkan, mentafakuri perjalanan hidup saya sejauh ini, langkah konkret apa apa saja yang sudah saya lakukan untuk mencapai Impian itu…

Stop Dreaming Start Action, tentunya harus didasari dengan mentafakuri setiap langkah perjalanan kita, dan saya ingin mencatatkannya dalam Catatan Perjalanan Berikutnya🙂 .

Comments
27 Responses to “Mengejar Impian (Abadi)”
  1. mycorner mengatakan:

    semua bintang tamunya dari keluarga miskin dan mengambil jalan belajar.. belajar dan belajar untuk bisa mendapatkan pendidikan tinggi dan menembus kehidupan.

    Setuju dengan kang Atma.. stop dreaming – start action

    Atma : Iya Kang Indra, ada saat kita harus bergerak, berupaya merealisasikan semua impian kita dengan langkah yang Konkrte, ketimbang larut dalam impian itu tersebut…

  2. nh18 mengatakan:

    Kisah Mas Pur ini patut diteladani oleh semua …

    Saya Yakin …
    Masih ada banyak Mas Pur-Mas Pur lainnya …
    sayang tidak pernah terlihat media …
    yang terlihat hanya yang buruk-buruk saja …

    Semoga kedepan kita semua bisa menjadi lebih baik lagi

    Salam saya Mas Atma

    Atma : Iya Betul Om, mereka hanya sebagian kecil saja, dari banyak orang yang menempuh dan merealisasikan impiannya dengan pengorbanan yang luar biasa…
    Semoga kita juga mampu merah impian Abadi kita kelak… Amin Ya Rabb

  3. didot mengatakan:

    mendapatkan surga adalah sebuah perjuangan hidup yg harus kita lakoni dengan sungguh2,karena jika kita ‘tersasar’ di neraka sungguh amat merugilah kita. apalagi jika kita menjadi penghuni kekalnya ,naudzubillah min zalik

    sungguh surga adalah kehidupan abadi,semoga mimpi kita akan kehidupan surga dapat terwujud dan yg terpenting kalau boleh melihat wajah Sang Kekasih yang paling suci dan paling mulia,ya Allah itulah kebahagiaan terbesar,yang terindah dari yg paling indah ,diluar kata2 dan diluar nalar ,sebuah anugerah terbesar dariNYA saat DIA menyingkap wajahNYA ,ya Allah ijinkanlah kami ,sungguh kami rindu,ampunilah kami dan pantaskanlah kami,bantulah kami menggapainya,kami lemah tanpa pertolonganMU ya Rabb

    Atma : Ini yang saya maksud dalam catatan kali ini mas, jika kita rela bersusah payah menempuh jalan yang sulit untuk merealisasikan mimpinya, mengapa tidak untuk Kehidupan Abadi kelak di kampung Akhirat…Perjuangannya tentu harus sungguh2, dan Ikhlas Ridlo dalam menjalani semua Ujian dariNYa, sudah layakkah kita, padahal belum datang ujian yang Nyata dariNYA…

  4. anna mengatakan:

    mas atma, saya juga nonton yang episode itu.
    tentang kang Pur, dulu ketika saya masih kuliah pun, saya pernah secara pribadi bertemu muka dengan beliau. dulu saya aktif di Balairung.

    saat itu, maklum saya masih naif dan buta, saya akui, sempat ‘underestimate’ kepada beliau. tapi ternyata dia baik sekali.. saya dan teman2 di balairung diijinkan main ke tempat tinggalnya, waktu itu masih nge-kost di seputaran komplek dosen UGM.. dengan ringan juga dia meminjami dan bahkan memberi buku-buku yang sangat bermanfaat bagi kami.

    yah, betul banget, orang2 seperti dia, perlu kita contoh. dari kesederhanaannya, tidak membuat itu berpikir ‘sederhana’ ttg mencapai impian.

    Atma : Kalau anak B-21 pasti kenal yah sama beliau…Betul, banyak orang2 sukses, berawal dari sikap dan pola hidup yang sederhana, hal itulah yang membuat mereka tetap rendah hati dan mampu berempati dengan sesamanya…

  5. Mbah Jiwo mengatakan:

    kita hidup karena ada harapan…salam kenal, salam hangat dari MALANG

    Atma : Iya bener Mbah…karena Harapan kita Hidup ?? begitu ??🙂
    salam kenal juga Mbah

  6. sunarnosahlan mengatakan:

    membaca ulasan disini malu rasanya saya, dengan keterbatasan yang saya milki saya tak begitu gesit memanfaatkan peluang, hanya sekedar lulus sebagaimana umumnya yang lain, bahkan sempat terbersit untuk berhenti sebelum finish

    Atma : Sama Kang narno, saya juga, melihat upaya mereka yang begitu gigih…
    tapi saya gak malu tuh bikin puisi tidak seindah kang narno:mrgreen:

  7. bundadontworry mengatakan:

    kisah keteladanan yg patut ditiru.
    dan, mungkin sebenarnya masih banyak Pak Pur lain yg tidak terekspos oleh media .
    salam

    Atma : Iya Betul Bund…sayangnya kadang meniru untuk bersikap seerhana dan “merih” kadang berat banget…🙂

  8. bunda_ransi mengatakan:

    askum a’
    a’ janga pernah menyetop impian
    karena dari impian itulah kita akan senantiasa hidup dengan usaha keras demi mengejarnya
    yang patut kita ajarkan pada diri dan ank2 kita adlaah bagaimana menciptakan impian yang baik id mataNYa
    agar apa yg kita kejar tidak lah sia2
    wass wr wb

    Atma : wa’alaikumsalam…
    Agar yang kita kejar tidaklah sia2…yap bener banget…jadi jangan distop yah… ?🙂

  9. sapta mengatakan:

    itulah hidup, hidup kita ada tujuan. dalam mencapai tujuan, harus dilakukan dengan usaha dan kerja keras. kisah itu dapat kita tiru untuk mencapai tujuan impian dan tujuan kita.

    Atma : Betul Mas sapta…Semua Impian bila kita mamu kita raih dengan susah payah, akan menghasilkan kebahagiaan tentunya…

  10. Oyen mengatakan:

    mengejar impian terindah, mimpi untuk bisa berkumpul dengan orang-orang sholeh, para mujahid dan para pejuang syariahNya…mimpi untuk bisa menikmati tempat peristirahatan yang paling layak dan paling indah yang dikaruniakan dari Allah, Dzat Yang Maha Indah…mimpi meraih sukses hakiki, sukses menjalankan amanahNya dan mempertanggungjawabkan semuanya…dan mimpi untuk meraih rahmatNya…

    kadang kita hanya terpaku untuk meraih impian semu, hingga impian hakiki itu terlupakan, impian yang seharusnya menjadi prioritas seorang muslim,

    kadang kita juga hanya tertatih untuk meraihnya, padahal impian dunia seringkali kita mengejarnya tanpa henti siang dan malam, hingga hanya sisa tenaga yang kita sisihkan untuk meraih mimpi hakiki itu…lalu layakkah kita mendapatkannya?

    sebuah perenungan indah untuk kita yang memimpikan jannahNya…semoga kita masih punya cukup kesempatan untuk meraihnya..amin

    Atma :Komennya Indah… saya Mengaminkan Juga…Amin Yaa Rabb…

  11. jabon mengatakan:

    belajar dan belajar untuk bisa mendapatkan pendidikan tinggi dan menembus kehidupan. oke tuh BOSS..

    ATMA : Bener kang Jabon, Oke…apalagi menempuhnya dengan susah payah…

  12. sunflo mengatakan:

    impian abadi bagi setiap insan beriman adalah sama yaitu kampung akhirat… semoga kita tak terlalaikan selama hidup di dunia akan kampung halaman kita itu..

    Atma: Betul Teh Sunflo…itu yang saya maksudkan di catatan ini…🙂
    Terimaksih kunjungannya yah, maaf belum bisa Kunjungan balik🙂

  13. DikMa mengatakan:

    tidak ada kata terlambat untuk belajar, maka belajarlah walaupun di negeri seberang

    Atma : iya betul kang…Perjalanan hidup kia ini juga sebetulnya Pembelajaran karena didalamnya disertakan ujian2 juga dariNYA…
    salam kenal Kang…

  14. Abu Ghalib mengatakan:

    artikelnya menarik sekali
    saya setuju dengan perkataan
    derajat manusia ditentukan oleh perilakunya sendiri

    Atma : Iya Kang Abu…Derajat kita nanti di Kampung Akhirat, memang ditentukan dari perilaku kita selama hidup di dunia…

  15. kampret mengatakan:

    patut ditiruu!! ^_^

    jadi semangat lagi ..xixixixi..

    Atma : Deuhh…Penganten baru…pantesan aja semangat lagi:mrgreen:

  16. indra1082 mengatakan:

    bermimpi boleh tapi jangan lupa bangun..🙂

    Atma : iya Kang bener, ini sya baru aja bangun, dah mau subuh🙂

  17. Afif logicprobe10 mengatakan:

    dahsyat, segalanya memang berawal dari mimpi, tapi kalau tidak ada kemauan ya sama saja😀
    salam kenal

    Atma : salam Kenal juga Kang…

  18. catatanpelangi mengatakan:

    stop dreaming … start action …. terimakasih sudah memotivasi

    Atma : Sama2 mbak…🙂

  19. bluethunderheart mengatakan:

    ada semangat setelah membaca spirit dari postmu bang
    salam hangat dari blue

    Atma :Salam Hangat Juga Blue… Spiritnya Vertikal Loh Blue…🙂

  20. Oyen mengatakan:

    the last comment : Semoga Allah memudahkan aktivitasnya dan memberikan berkah dari setiap usaha bapak. Amin

    Atma : Amin Ya Rabb…
    Sedih baca komen ini dari Mbak Oyen… Semoga masih sudi mampir kelak yah mbak …😦

  21. Rindu mengatakan:

    Katanya ada perbedaan antara mengejar impian dan mengejar mimpi mas:

    Orang yang mengejar impian adalah orang yang memang mempunyai impian yang nyata, jelas serta dapat di ukur, bukan pemimpi yang mengharapkan turun uang dari langit atau mengharapkan menang undian 1 Milyar.

    Diantaranya terdapat perbedaan bagai bumi dan langit, Jhon C. Maxwel mengatakan ” Pemimpi banyak bicara dan sedikit bekerja, Mereka mungkin menyimpan gagasan yang gila-gilaan, tetapi tidak pernah melihat hal itu terjadi. Pemimpi tidak mempunyai disiplin. Sebaliknya orang yang mempunyai impian sedikit bicara tapi melakukan banyak hal.

    -Ade-

    Atma : Iya de, yang pernah saya baca juga seperti itu…Sedikit bicara banyak bekerja sebetulnya prinsip seorang Muslim juga, banyak Ilmu harus banyak beramalnya juga…banyak menulis banyak berbuat juga pastinya…🙂

  22. sunarnosahlan mengatakan:

    melihat avatarnya Mas Atma mengingatkan temanku di Purwokerto, potongan rambutnya mirip

    Atma : Saya lagi mikir, liat avatarnya kang Narno mirip siapa yah…😛

  23. bluethunderheart mengatakan:

    p cabar
    mana semangatnya bang
    salam hangat dari blue

    Atma : Kabar Baik Blue…baru on Air Nih…🙂

  24. Asop mengatakan:

    Benar, dunia ini hanya persinggahan sementara, sebelum ke dunia akhirat yang sebenarnya.🙂

  25. Mas Pur orangnya memang sederhana banget dan nrimo. Saya salah satu dari sekian orang yang diberi kunci kamar kostnya. jadi kalo suatu saat lewat dan perlu sesuatu yang ada dikamarnya tinggal ngambil dan ninggalin pesen. Sempat ikut serta hadir di pengukuhan Doktornya bersama teman-teman yang lain…🙂. semoga tambah sukses dan ketika sudah sukses tidak menjadikannya takabur. amin3x…

Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] kali ini, lanjutan dari catatan Mengejar Impian Abadi, dimana untuk mengejar impian duniawi, kita rela bersusah payah, berjuang dengan maksimal, meraih […]

  2. cicicow mengatakan:

    […] Mengejar Impian (Abadi) […]



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Yang lagi liat-liat

  • IBSN

    Indonesians’ Beautiful Sharing Network

%d blogger menyukai ini: