MENERAPKAN FITUR S.M.A.R.T DALAM DIRI KITA

Pernah dengar tentang fitur S.M.A.R.T ?

S.M.A.R.T atau Self-Monitoring Analisys, Reporting Technology adalah fitur yang sudah terintegrasi dengan banyak HDD (Hardisk Drive) yang ada saat ini. Fitur tersebut berfungsi untuk mengontrol atau memperingatkan apabila terjadi kerusakan pada HDD dalam komputer kita, sehingga menjadi alat deteksi dini, untuk menghindari HDD dari kerusakan yang fatal, seperti Bad Sector, yang akan mengakibatkan kita akan kehilangan data-data penting dalam HDD yang kita miliki.

Apa hubungannya dengan diri kita ?

Manusia sebagai makhluk ciptaan Allah, diciptakan dengan diberi kelebihan memiliki akal dan pikiran. Akal dan pikiran ini identik dengan organ fisik (ragawi) manusia yaitu otak. Fungsi otak dalam diri manusia, mirip dengan fungsi HDD yang saya bicarakan di atas, otak mampu menyimpan data-data dan memori tentang apa yang kita lakukan dan harus kita lakukan. Tentunya, badan kita terhubung satu sama lainnya, dan keilmuan tentang inipun sudah dipelajari oleh manusia hingga berbagai macam bidang keilmuan, dari mulai ilmu kedokteran yang terbagi juga, lalu ilmu kejiwaan juga. Seluruh organ tubuh kita tersinkronisasi dengan baik, sehingga pada manusia normal, segala bentuk aktifitas kita terprogram dengan baik tanpa ada sistem tubuh kita sampai organ atau sel yang terkecilpun yang bekerja masing-masing, Subhanallah, begitu sempurnanya Allah menciptakan kita.

S.M.A.R.T atau Self Monitoring Analisys, Reporting Technology, sebetulnya bisa kita terapkan dalam diri kita, tentunya dalam hal ini kita berbicara dalam konteks kejiwaan, dimana Ruh atau Jiwa kita yang berada dalam jasad fisik manusia sebagai inti dari kehidupannya.

AKAL PIKIRAN…

Akal kita terkait dengan fungsi otak, tentunya kemampuan otak kita bekerja akan selalu bersinergi dengan jiwa kita juga, satu kesatuan dan saling mengisi. Dimana Hati kita sebagai tempat kedudukan Iman kita, harus mampu mengendalikan otak atau akal pikiran kita, sesuai dengan keimanan kita, dan keimanan yang diberikan oleh Allah Swt.

Karena Akal pikiran yang dikendalikan oleh hawa nafsu yang negative, akan membuat otak kita menjadi terkurung oleh keinginan nafsu duniawi belaka. Hal ini tentunya akan membuat kehidupan kita di dunia akan menjadi tidak seimbang, karena tugas kita di dunia semata-mata untuk beribadah kepada Allah Swt. Ketidakseimbangan inilah yang akan menyebabkan kebanyakan manusia lalai dalam mengingat Allah dan kehidupan Akhirat, serta mengalami kehidupan yang hampa, karena tak jelas akan tujuan hidup sebenarnya.

Menerapkan fitur S.M.A.R.T dalam diri, berarti menjadikan hati kita sebagai Raja untuk mengendalikan akal pikiran sebagai Punggawanya. Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan memperbanyak dzikrullah mengingat Allah dan selalu bertasbih kepada-Nya.  Mengapa dengan memperbanyak Dzikrullah ?

  1. Dzikrullah akan membuat hati kita menjadi tentram. Kondisi hati yang tentram tentunya memiliki korelasi yang positif dengan pengambilan keputusan yang lebih cermat, analisa masalah yang lebih tajam serta konsentrasi kita akan lebih baik, karena otak/akal kita senantiasa menerima sinyal-sinyal yang positif yang dikirimkan hati kita yang selalu bertasbih kepada-Nya.
  2. Dengan banyak berdzikir mengingat-Nya, setiap orang tentunya akan memilki sifat sabar, karena kesabaran adalah satu kesatuan dengan keimanan, dan keimanan akan hadir manakala kita selalu mengingat Allah dalam keadaan apapun. Banyak kisah sukses yang didalamnya terdapat orang-orang yang sabar.
  3. Ketenangan, salah satu kunci kita meraih kebahagiaan dalam hidup. Mampu dihadirkan kedalam diri kita dengan banyak berdzikir mengingat-Nya. Dengan ketenangan, akal pikiran kita akan mampu berpikir dengan jernih dalam menghadapi semua masalah kehidupan, seberat apapun masalah yang dihadapi, jika disikapi dengan ketenangan, insya Allah akan menemui jalan keluar yang terbaik menurut petunjuk-Nya.
  4. Dengan berdzikir, tentunya akan menambahkan semangat Rububiyah kita, membuat seseorang akan semakin rindu akan ibadah kepada-Nya, memperbaiki ibadah wajib, dan tidak meninggalkannya, memperbanyak ibadah sunnah, karena ada motivasi agar ketika pertemuan-Nya dengan Allah, membawa amal ibadah yang di Ridhoi Allah. Hati yang senantiasa berdzikir, adalah sebuah proses afirmatif dalam mengirimkan doktrin Illahi kedalam alam bawah sadar kita, yang diterima oleh otak kita, dan tentunya otak/akal pikiran kita akan melakukan hal-hal yang positif serta menghindari untuk melanggar aturan Allah.
  5. Berdzikir mengingat Allah, adalah makanan Hati. Jangan biarkan hati atau Ruh kita menjadi sakit karena tak memiliki asupan energy/makanan yang sejatinya menginginkan bertasbih kepada Allah. Jangan hanya kebutuhan fisik saja yang kita berikan makanan, Hati juga harus mendapat prioritas utama dalam hidup kita, agar tidak menjadi sakit atau rusak.

S.M.A.R.T

Hati yang senantiasa berdzikir kepada Allah, memberikan kemampuan kepada otak kita atau akal pikiran kita, untuk memonitor segala bentuk kegiatan kehidupan kita agar tetap seimbang dan tidak keluar dari aturan-Nya. Akal pikiran kita, mampu menganalisa dengan baik segala aktifitas kehidupan yang kita jalani. Dengan analisa yang tepat, maka secara otomatis Hati dan Otak kita menjadi serasi, dan manakala kita akan berbuat kesalahan, kita akan diperingatkan oleh diri kita, membawa dampak positif dalam menambah keimanan kita. Menjaga hidup kita tetap istoqomah kepada tugas kehidupan kita yang sementara ini. Memberikan kesadaran yang utuh, bahwa kita hidup hanya sementara, dan tidak lagi menyia-nyiakan waktu hidup kita di dunia.

Dengan menerapkan fitur S.M.A.R.T dalam diri, akan membuat hidup kita lebih berarti dan bernilai, bekerja lebih termotivasi karena Allah, belajar menjadi lebih tercerahkan karena senantiasa bertafakkur kepada-Nya. Lalu kehidupan kita yang lainnya akan merasakan dampak yang positif dari diri yang menerapkan fitur S.M.A.R.T ini.

BAD SECTOR…

Jangan menyia-nyiakan hidup kita dengan lalai dalam Mengingat Allah. Karena HDD yang Bad Sector, jika sudah tak mampu lagi diperbaiki, hanya akan menjadi barang usang yang tidak ada manfaatnya lagi. Begitu juga diri kita, jangan sampai diri kita menjadi rusak, dan hanya akan menjadi yang “terbuang” di Negeri Akhirat yang abadi kelak.

S.M.A.R.T teknologi karunia dari Allah yang tidak boleh kita sia-siakan.

Mari kita segera Mengingat Allah dan Kehidupan Akhirat, agar perjalanan Fana kita ini menjadi lebih bernilai…

Subhanallah…

Comments
20 Responses to “MENERAPKAN FITUR S.M.A.R.T DALAM DIRI KITA”
  1. Rindu mengatakan:

    Kemarin saya membaca buku “how to be a smart mouslem” isinya bagus banget, intinya bahwa islam = berpikir

    @Rindu…Akhirnya, Mbak Rindu mampir juga disini…Iya saya sebetulnya ingin concern di Blog ini tentang Tafakur…Saya juga terinspirasi dari Blog Mba Rindu, mudah2an semakin banyak yang menyadari bahwa proses berfikir juga salah satu cara mendekatkan kita kepada-Nya…saya hanya sekedar mengajak…

  2. jalandakwahbersama mengatakan:

    Assalamu’alaikum,
    Dalam hadits Qudsy Allah berfirman : Aku selalu mengikuti sangkaan hamba-Ku terhadap diri-Ku dan Aku selalu menyertainya ketika ia berzikir kepada-Ku. Jika ia berzikir dalam hati, Akupun berzikir padanya dalam diri-Ku, dan jika ia berzikir pada-Ku didepan umum, Akupun berzikir padanya dimuka umum yang lebih baik dari golongannya, dan bila ia mendekat pada-Ku sejengkal Aku mendekat padanya sehasta dan bila ia mendekat pada-Ku sehasta Aku mendekat padanya sedepa dan bila ia datang kepada-Ku berjalan Aku datang kepadanya berlari. (HR Muslim) – (Dewi Yana)

    @Mba Yana…terimakasih mba Pencerahannya, mudah2an kita selalu termasuk org2 yang mengingat-Nya dalam keadaan apapun…

  3. hmcahyo mengatakan:

    salam… lama gak kesini mas… saya simpen dulu bacanya ntar kalo pas senggang😀

    @MasCahyo…iya mas, maksih dah silaturahmi..

    .

  4. kidungjingga mengatakan:

    wah ini salah satu tulisan yang di belom sempat di upload itu yang kang… hmmmm… banyak ya tulisannya. tulisan yang ini saya save ya, baru baca setengahnya. takut koneksi keburu hilang nih.. heheh..
    terima kasih ya kang..

    @Kidung…itu lebih bagus malah, saya kalau tertarik dg satu tulisan enaknya baca off, mdh2an ada manfaatnya…

  5. ginna sanita mengatakan:

    Sayidina Ali bin Abi Thalib r.a berkata; “tiada ilmu yang lebih baik dari hasil tafakur, dan didalam Al-qur’anpun ditemukan tdk kurang dari 130 kali perintah Allah untuk berfikir. Tafakur sudah terbukti merupakan pelita hati, karena itu apabila ia tidak dihidupkan maka akan gelap gulita. Bertafakur sejenak lebih baik daripada ibadah satu tahun………
    Tafakur=zikir+pikir ->keyakinan/hikmah -> memudahkan taat -> bahagia&surga.

    makasih……..telah selalu berbagi……………:)

    @Ginna…sampe juga teh ginna di blog saya ini,🙂
    Sayidina Ali merupakan salah seorang sahabat Rasul Yang ahli Hikmah, terbukti bahwa Tafakur itu menjadikan seseorg kedudukannya bisa mulia di Hadapan Allah…
    Makasih teh sudah berkunjung ke Blog yg sederhana ini…

  6. Nisa mengatakan:

    subhanallah,, mantap, nice.. ^^

    @Nisa…terimakasih sudah berkunjung…salam kenal ya

  7. hmcahyo mengatakan:

    link exchange done!

    @Mas Cahyo…Tks mas…

  8. RitaSusanti mengatakan:

    Iya pak, satu kata yang akan selalu bisa membuat hati kita menjadi tenang adalah: dzikrullah. Meski terkadang dalam perjalanan menuju ketenangan itu selalu mengalami pasang surut, kadang begitu bersemangat, namun di lain waktu semangat itu mengendur…

    @Rita…Turun naiknya iman seseorg adalah sebuah proses hidup kita, seperti yang seorang nenek yang Rita ceritakan itu, yang dinilai adalh usaha kita, dan jgn pernah berhenti dalam berusaha…karena Kekasih Sejati akan selalu bersama kita…

  9. Guru mengatakan:

    Subhanallah..

    @Guru…Pahlawan tanpa Tanda Jasa, Subhanallah…terimakasih sudah berkunjung…semoga perjuangannya mendapatkan Buah yang membahagiakan…

  10. Hejis mengatakan:

    Terima kasih wejangan yg amat bermanfaat ini, mas. Salam hangat. Kunjungan balasan..🙂

    @Kangmas Hejis…sama2 pak, wah terima kasih sudah berkunjung kesini…duh sepertinya saya yg mesti banyak belajar dri bapak…

  11. nh18 mengatakan:

    Smart dalam bahasa saya …
    Spesific, Measurable, Agresive, Realistic and Time Bound …
    hehehe
    syarat penentuan objective yang benar …

    @NH18…cocok om, kayaknya bisa juga tuh buat inspirasi menulis…sesuai tema saya…🙂

  12. indahrephi mengatakan:

    tulisan yang menyejukkan.. terutama bagi saya pribadi .. makasih mas buat pencerahannya ^^

    @indah…sama2 ndah…mudah2an bisa menyejukkan hati yang gundah…jadikan hidup ini indah…sperti kamu bilang :
    “I’ll take a risk
    Take a chance,
    Make a change
    And breakaway”

  13. Aldy mengatakan:

    Berzikir dimalam yang sunyi, perlahan dan lentur sungguh membuat jiwa melayang dan menjadi lapang. Zikir memang salah satu fitur SMART yang dikaruniakan Allah kepada kita.
    Salam Mas, Happy Blogging.

    @Aldy…Nikmat sekali mas jika mencapai perasaan seperti itu, Patut disyukuri apa yang telah diberikan oleh-Nya. Terimakasih mas, salam juga…

  14. bluethunderheart mengatakan:

    selamatt malam sahabat
    blue salut sama u yg memberikan postingan yg baik ini
    salam hangat selalu

    @Blue…Malam juga Blue…salam hangat juga buat sahabat satu ini, mudah2an silaturahmi kita tetap terjaga…

  15. mediasoft44 mengatakan:

    tulisan yang menarik…. wassalam..

    @media…terimakasih…salam kenal

  16. quantumillahi mengatakan:

    apik mas tulisannya, mhn ijin jika di publish di blog saya, thanks sebelumnya.
    Salam kenal dan akrab selalu
    QI

    @Quantum…Silahkan mas, salam kenal juga, terimakasih mudah2an silaturahminya tetap terjaga…

  17. bundadontworry mengatakan:

    intinya kita harus membuat sendiri early warning system pd diri kita, sebelum terlambat ya Mas.
    Terima kasih banyak utk sharingnya.
    Salam.

    @Bunda…
    Iya betul bunda, sebetulnya dalam diri kita juga jika digali, ada potensi yg luar biasa untuk memproteksi diri…
    sama2 bunda

  18. tuxlin mengatakan:

    Artikel nya menarik gan!! cukup informatif… salam kenal yah…

    @tuxlin…
    Salam kenal juga, terimakasih sdh berkunjung…

  19. minerva as shafa mengatakan:

    subhanalloh….

Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. cicicow mengatakan:

    […] MENERAPKAN FITUR S.M.A.R.T DALAM DIRI KITA […]



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Yang lagi liat-liat

  • IBSN

    Indonesians’ Beautiful Sharing Network

%d blogger menyukai ini: