Menulis itu CANDU

Judul diatas mungkin sudah pernah kita baca sebagai sebuah judul artikel dari banyak tulisan di dunia maya, mudah-mudahan itu tidak dipatenkan milik seseorang, karena ketika tulisan ini dibuat, saya terinpirasi ketika teringat akan sebuah judul buku yang di karang oleh Roem Topatimasang yang diterbitkan di penghujung tahun 1998…

Buku tersebut menggambarkan tentang kondisi pendidikan di Indonesia, dimana secara garis besar dikatakan bahwa sistem pendidikan di Negeri kita melalui lembaga pendidikan formalnya, membuat orang menjadi mengalami  ketergantungan.

Tapi tulisan ini tentu saja bukan untuk membedah tentang buku tersebut, sebetulnya dari sejak 2 hari yang lalu saya ingin segera menulis tentang hal ini.

Berawal dari sabtu malam ketika saya harus pergi ke luar kota dan tak ada akses internet,  selama aktifitas di luar kota tersebut, isi kepala saya dipenuhi oleh pikiran tentang Blog yang baru saya buat ini, ingin menulis, ingin melihat2 siapa yang kasih komen, atau liat2 blog lain yang bisa jadi inspirasi.  walaupun setelah saya akses, ternyata blog saya sepi pengunjung, namun selama beberapa hari tersebut, kenginan untuk menulis sangat mendominasi isi kepala saya.

Menulis itu CANDU

Ada beberapa hal yang saya ambil hikmahnya dari kejadian tersebut bagi saya pribadi, pertama keinginan untuk menulis membuat kepala saya terus berpikir untuk selalu bisa membuat tulisan dengan menemukan banyak inspirasi, nah untuk mendapatkan inspirasi tersebut tentu saja pikiran saya kadang melanglang buana ke alam masa lalu atau hal-hal yang pernah terjadi atau yang ingin saya lakukan dimasa mendatang. Kedua, ketika terbayang akan menulis sesuatu, maka saya termotivasi untuk menggali lebih dalam tentang tulisan yang akan saya buat, mencari bahan, memperkaya wacana, mencari literasi dll…hal ini tentu saja membuat saya akan banyak belajar lagi. Ketiga, saya merasakan sekali menjadi sensitif dengan setiap kejadian yang saya lewati setiap saatnya, alias sering-sering menafakuri diri atau murokobah terhadap diri, apa yang saya rasakan, apa yang saya lihat, semuanya bisa menjadi bahan tulisan dan inpirasi bagi saya. Keempat, ada kepuasan tersendiri yang sulit saya gambarkan dan saya saya simpulkan bahwa ini adalah proses saya mengalami kecanduan menulis…

Mudah-mudahan akan tetap terlahir tulisan demi tulisan, insya allah suatu saat akan bermanfaat…Amin

Comments
10 Responses to “Menulis itu CANDU”
  1. heri mengatakan:

    saya nulis tentang bagaimana menulis di http://sanggarpenulisan.wordpress.com :

  2. atmakusumah mengatakan:

    Mas Cahyo ne emang top, ada dimana-mana, concern sekali dalam menulis. maksih mas ya dah kunjungin blog saya

  3. cenya95 mengatakan:

    Candu tidak selamanya negatif.
    Candu menulis, itu bagus karena Menulis merupakan curahan hati dan rasa ingin berbagi ilmu dan pengalaman.🙂

  4. atmakusumah mengatakan:

    Iya betul sekali, mudah-mudahan akan ada banyak yang kecanduan menulis juga

  5. Sassie Kirana mengatakan:

    He he..bener tuh mas atma..sie sempet tuh mengalami kecanduan ngeblog..sejam gak nengokin blog udah gelisah kaya nungguin pacar hahahaha

    Rajin rajin blogwalking aja mas biar temennya makin banyak..itu resep jitu kalau pengen blognya rame

    Sayangnya sie udah gak bisa intens kaya dulu lagi karena kondisi sie yang udah terbatas..

    Keep blogging and sharing yach
    Salam ^^v

  6. atmakusumah mengatakan:

    Makasih sie ya dah mau berkunjung kesini, insya allah dengan semangat dan dan kesabaran yang sie miliki, mampu kembali seperti dulu lagi

  7. Adi Wibowo mengatakan:

    Maap pa atma saya sedang belajar menulis dalam blog……

  8. Rindu mengatakan:

    Menulis adalah makanan jiwa … tulislah apa yang mas pikirkan dan pikirkan apa yang mas tulis🙂

    Atma : Makanan Bagi Jiwa, yang saya rasakan nikmat adala Mengingat Allah dengan brtasbih kepadaNYA de… Bea yah ?
    Menulis apa yang dipikirkan, pikirkan apa yang ditulis…belajar ma ade ajah…🙂 *OTW ke Kebun😀 *

  9. didot mengatakan:

    aduh jangan jadi candu deh,hehe
    cukup candu kepada Allah saja😀

Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. cicicow mengatakan:

    […] Menulis itu CANDU […]



Tinggalkan Balasan

  • Yang lagi liat-liat

  • IBSN

    Indonesians’ Beautiful Sharing Network

