IBSN : Berbagi..,Tak Pernah Rugi (Sebuah Koreksi)

Setelah lelah dengan kegiatan hari ini, mataku masih belum terpejam juga. Pikiranku masih melayang kepada tulisan terakhirku di blog ini “Berbagi..,Tak Pernah Rugi” sebuah slogan yang sarat makna. Akhirnya kembali aku nyalakan laptop temanku yang sudah tertidur lelap untuk sekedar membaca kembali tulisanku tadi sore…Ternyata pemahamanku akan IBSN belum lengkap sore tadi, sampai malam ini aku menemukan tautan induk dari situs IBSN. Hemm, sebagai Newbie aku hanya bisa berguman, banyak hal langsung terlintas dibenakku ketika ku jelajahi segala hal tentang IBSN…

Masih merujuk kepada tulisan terakhirku sore tadi, kalau sore tadi aku hanya berpikir untuk sekedar bergabung, malam ini aku hanya ingin lebih dari sekedar bergabung, aku ingin turut berpartisipasi…

Makna sebuah inspirasi

Jika di akhir 2008 kemarin aku mengalami pengalaman bathin yang mampu merubah dan menata kembali jalan hidupku, itu karena aku terinspirasi pengalaman seorang teman yang menularkan perubahan hidupnya menjadi lebih baik dengan cara mengingat Allah.

Di bulan desember itu pula lah aku terinspirasi untuk membuat sebuah blog dan menulis, karena aku membaca rangkaian kata yang sederhana namun penuh makna dari sebuah blog yang bercerita tentang realita hidupnya, sebuah perubahan besar menurutku, ketika akhirnya aku memutuskan untuk membuat blog ini.

Malam ini ketika aku buka lagi blog ini, aku seolah tak ingin berhenti untuk menulis, apa sebab ? aku seperti menemukan kekasih pujaan, saat aku baca tentang sebuah award yang tadi sore aku sempat gak “ngeh”, tiba-tiba saja aku menjadi bersemangat untuk menulis mereview tulisan sore tadi, semangat yang selama ini terpendam dan tak pernah tercurahkan.

Makna sebuah inspirasi dapat membawa perubahan yang berarti buat hidupku…

Menulis = Belajar = Ilmu

Saat menulis, hati kita akan membimbing pikiran kita kepada sebuah perasaan untuk ingin “lebih tahu” tentang tema tulisan kita sendiri, maka timbulah keinginan untuk belajar dan menggali lebih dalam lagi tentang apa yang kita tulis . Ketika tulisan kita menjadi sebuah opini dan kemudian menjadi konsumsi publik, maka akan timbul banyak pemahaman masing-masing dari pembacanya, perbedaan tersebut ternyata akan semakin memperkaya wacana dari tulisan kita, dari 2 menjadi 4, dari 4 menjadi 8, begitu seterusnya, luar biasa ! semuanya akan saling bertautan untuk lebih menguatkan, sehingga lahirlah sebuah ilmu…

Inspirasi Melahirkan Duplikasi

Blog yang aku buat ini terlahir karena sebuah inspirasi saat membaca sebuah blog yang lain, DUPLIKASI…itu yang terjadi terhadapku, tanpa sadar aku telah menduplikasi sebuah kegiatan yang saat ini tengah menjadi fenomena, menulis dalam sebuah blog. Banyak sudah karya tulisan lahir dari para bloger, banyak bermunculan para penulis muda yang selama ini bakatnya terpendam, banyak komunitas bloger bermunculan untuk saling bertukar pendapat dalam rangka memperkaya wacana, cukup besar sumbangsihnya bagi perkembangan informasi di negeri ini.

Saat tulisan ini dibuat, hits visitor pada blog http://cantigi.wordpress.com mencapai angka 14.600. seandainya 1% saja atau 146 orang dari pengunjung blog tersebut terinspirasi juga untuk membuat sebuah blog lalu menulis juga, seperti yang aku alami, maka akan lahir 146 blog baru yang akan memperkaya dunia bloger di negeri kita, sebuah duplikasi yang akan membawa perubahan besar…

Penulis = Pelaku Sejarah

Peradaban dan perkembangan manusia di muka bumi ini tidak bisa dilepaskan dari budaya menulis, hyroglyph, tulisan mesir kuno yang ada pada era manusia belum mengenal teknologi menulis seperti sekarang ini, Batu tulis di Bogor yang mengisahkan tentang pelantikan sebuah dinasti kerajaan ribuan tahun lalu, relief pada candi borobudur, sebuah maha karya yang luar biasa pada masa itu. Semua itu adalah media bagi peradaban saat itu untuk “membukukan” masa peradabannya dan menunjukkan hegemoni dinasti mereka saat itu, pada masa sekarang, itu menjadi sebuah bukti sejarah yang tak ternilai harganya.

Pada masa modern, banyak sudah lahir penulis-penulis legendaris seperti al-Ghazali, Ibn Arabi, Jalaluddin Rumi, Fariduddin Attar, Ibn Rusyd, Mohammad Iqbal, Plato, Aristoteles, Karl Marx, Mahatma Gandhi, hingga penulis-penulis kenamaan nusantara seperti Pramoedya Ananta Toer, Iwan Simatupang, Sjahrir, Chairil Anwar, Nurcholish Madjid, Abdurrahman Wahid dan Emha Ainun Nadjib. Ada yang menjadikan karya tulis sebagai alat propaganda ideologi, beberapa dari penulis kenamaan di atas, pada saat ini banyak sekali para pemuda dan tokoh kenamaan yang terinpirasi oleh karya tulis mereka, bahkan Karl Marx (1818-1883)  yang hidup dalam kemiskinan mampu melahirkan karya “Das Kapital” yang menginspirasi lahirnya sebuah negara Komunis (sosialis) yang menjadi penyeimbang negara-negara dengan ideologi kapitalisme saat itu.

Berbicara tentang kapitalisme, lihatlah JK Rowling, seorang ibu yang miskin berubah menjadi seorang bilioner baru, buku “harry potternya” terjual sebanyak 400 juta buah, bahkan film Harry Potter selalu ada dalam jajaran film Box Office di Amerika. Dan menurut Daftar Orang Kaya Sunday Times, nilai kekayaan JK Rowling mencapai 560 juta Poundsterling, sebuah angka yang fantastis…

Mereka adalah Pelaku sejarah…kegiatan menulis telah melahirkan banyak pelaku sejarah baru, kita para Bloger, bukan tidak mungkin akan menjadi pelaku sejarah juga, karena fenomena Bloger saat ini adalah sebuah sejarah baru dalam peradaban dunia saat ini.

Menulis = Berbagi

Jangan pernah berhenti untuk menulis, karena dengan menulis kita akan berbagi. Dan Jangan pernah (merasa) rugi untuk berbagi…

Ayo tetap semangat untuk Berbagi…!

IBSN adalah sebuah wadah insan indonesia dalam jaringan internet dengan berbagai jenis blog platform yang memiliki konsep keindahan berbagi berbagai hal bermanfaat untuk kebaikan pada sesama, dengan tujuan untuk membuat hidup ini makin bermakna. VisitIndonesians’ Beautiful Sharing Network

Comments
11 Responses to “IBSN : Berbagi..,Tak Pernah Rugi (Sebuah Koreksi)”
  1. cantigi™ mengatakan:

    aneh, saya merasa beberapa lompatan logika, analisa dan nalar pikiran di blog ini mirip dg anugerah yg saya miliki. gunakan untuk kebaikan pada sesama ya.. ^_^

  2. cantigi™ mengatakan:

    btw, cantigi link exchange updated, IBSN link members updated. thanks for being my friend.. ^_^

  3. cantigi™ mengatakan:

    oya.., ketika dalam keadaan engga login, biasakan cantumin link url blog ini saat komen (setelah nama & email) di kotak komentar yg tersedia pada setiap blog, itu memudahkan blogger lain untuk berkunjung balik. keep spirit!

  4. atmakusumah mengatakan:

    Terimakasih kang atas pencerahannya, mudah2an tetap istiqomah dlam menulis…

  5. hmcahyo mengatakan:

    semoga kita senantiasa ikhlas dalam berbagi karena itulah yang akan berguna kelak.

    salam dari malang😀

  6. cenya95 mengatakan:

    Amiiin,
    Semoga amal yang kita dapat sesuai dengan perbuatan.😀
    Lamnal dari Jakarta.

  7. hmcahyo mengatakan:

    kayaknya perlu juga baca IBSN 2.0 di blog saya atau di http://ibsn.web.id tema besarnya INSPIRASI😀

  8. atmakusumah mengatakan:

    Iya mas, beberapa kali saya kunjungi, setelah berkunjung kesana-sini, saya banyak menemukan insipirasi, saya juga sudah terlintas untuk menulis setelah membaca beberapa tulisan mas Cahyo, hanya belum saya publish

  9. abdul halim mengatakan:

    alangkah indahnya hidup ini kalau manusia selalu berbagi dan mengerti arti penting berbagi tersebut

    Atma : Betul pak…apa kabar pak ?

Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. cicicow mengatakan:

    […] IBSN : Berbagi..,Tak Pernah Rugi (Sebuah Koreksi) […]



Tinggalkan Balasan

  • Yang lagi liat-liat

  • IBSN

    Indonesians’ Beautiful Sharing Network

