IBSN : Adikku + Lupus = Tegar

Bandung, Pertengahan tahun 2004

“Gimana mah kimoy ? (nama panggilan adikku)”

“Darahnya masih diperiksa di laboratorium, hasilnya belum ketahuan”, jawab ibuku.

Hari kedua dirawat di sebuah rumah sakit swasta di Bandung masih belum ketahuan juga apa yang menjadi penyebab sakitnya kimoy, padahal sudah hampir 4 labu darah diinfuskan kedalam tubuhnya.

hari ketiga pada saat kunjungan dokter ke ruangan kimoy, dokter ahli penyakit dalam tersebut mendignosa bahwa kimoy terkena “anemia hemolitik“, agak asing di telingaku penyakit tersebut, tapi yang pasti berhubungan dengan darah, belakangan aku ketahui dari sebuah tulisan di internet bahwa Anemia Hemolitik adalah anemia yang terjadi karena meningkatnya penghancuran sel darah merah. Yang jelas pada saat itu setelah diinfus 4 labu darah, kimoy berangsur-angsur pulih, dan pada sore harinya sudah diizinkan untuk pulang.

2 Minggu Kemudian…Awal sebuah siklus 3 bulan

kimoy yang sudah bisa beraktifitas kuliah lagi mendadak jatuh sakit lagi, gejalanya hampir serupa, badannya berubah menguning hanya kali ini disertai linu diseluruh tubuhnya, tulang sendinya merasa ngilu, tanpa ba bi bu lagi kimoy langsung di bawa ke rumah sakit, namun kali ini kami membawanya ke sebuah rumah sakit umum pusat di Bandung, setelah masuk ruang UGD akhirnya kimoy harus dirawat juga di RS tersebut, tentu saja hasil “Medical Report” dari perawatan RS swasta sebelumnya harus kami bawa dan diserahkan kepada dokter yang menangani, kali ini dokter yang menangani adalah dokter spesialis darah. Masih seperti sakit pertamanya, kimoy tetap harus di tranfusi darah lagi, namun sekarang harus masuk 16 labu darah Golongan B ke dalam tubuh mungil kimoy, Hb nya saat itu 2,9  yang pada saat sehat seharusnya 14-16 Hb nya.

Miris sekali hati ini melihat kondisi Kimoy saat itu, wajah putihnya berubah menjadi kuning, bibir kering, dari mulutnya terdengar erangan pelan menahan rasa sakit yang tak terperikan…Hampir seluruh keluarga menangis, kecuali Ibuku yang sangat tegar menghadapi kenyataan itu.

Labu demi labu darah ditransfusikan ke tubuh Kimoy, setiap labu harus habis dalam waktu 4 jam dari sejak darah itu di olah di PMI, yang lebih memilukan lagi, saat “oknum” karyawan PMI mempersulit proses pengambilan darah, padahal darah itu disumbangkan dari teman dan saudara yang mendonorkan darahnya untuk Kimoy. akhirnya karena keterlambatn itu, sisa labu darah yang ada harus segera masuk ke dalam tubuh Kimoy, mungkin karena terlalu cepat dipaksa untuk masuk, akhirnya tubuh Kimoy bereaksi sampai Kimoy sulit untuk bernafas, rintihan halusnya saat itu mungkin mewakili teriakan rasa sakitnya. ARGHH…!! aku tak sanggup untuk melihat kondisinya saat itu, Alhamdulillah setelah diberi oksigen, Kimoy berangsur tenang kondisinya.

Besoknya setelah sampel darah Kimoy diperiksa di Lab, dokter masih memutuskan untuk melakukan tes yang lain lagi, yaitu ANA Tes. Apa itu ANA Tes ? ANA tes adalah suatu pemeriksaan darah yang menghitung antibodI yang terbentuk yang secara langsung melawan berbagai komponen dari nucleus (inti sel). ANA Tes merupakan salah satu tes untuk mendeteksi penyakit LUPUS . Hasil ANA Tes kimoy ternyata positif, menandakan bahwa Kimoy di diagnosa memiliki penyakit Lupus Systemic Lupus Erythematosus (SLE).

Apa itu Lupus, saat itu aku baru mendengar ada penyakit yang namanya seperti tokoh dalam Film Jadul tahun 80-an yang hobinya ngunyah permen karet. Penjelasan singkat dari dokter menagatakan bahwa Lupus adalah  penyakit autoimmun di mana antibodi yang seharusnya melindungi tubuh karena sebab yang tidak diketahui sampai saat ini, menjadi liar dan menyerang jaringan-jaringan tubuh normal.

Sampai disini saya akan sedikit membahas mengenai Lupus yang saya sarikan dari berbagai sumber di Internet, seminar Lupus yang pernah saya ikuti, dan tentu saja hasil konsultasi dengan dokter yang menangani Kimoy, Lupus ada 3 jenis, yaitu :

1. Discoid Lupus, yang juga dikenal sebagai Cutaneous Lupus, yaitu: penyakit Lupus yang menyerang kulit.

2. Systemic Lupus, penyakit Lupus yang menyerang kebanyakan sistem di dalam tubuh, seperti kulit, sendi, darah, paruparu, ginjal, hati, otak, dan sistem saraf. Selanjutnya kita singkat dengan SLE (Systemic Lupus Erythematosus).

3. Drug-Induced Lupus, penyakit Lupus yang timbul setelah penggunaan obat tertentu. Gejala-gejalanya biasanya menghilang setelah pemakaian obat dihentikan.

Fakta Lain tentang Lupus,

  • Odapus adalah istilah untuk penderita Lupus
  • penyakit ini tidak menular,
  • perbandingan penderita antara wanita dan pria adalah 9 : 1 artinya wanita lebih rentan terkena Lupus,
  • 80% wanita penderita Lupus adalah pada Usia Produktif,
  • Ras Asia rasionya lebih memungkinkan terkena Lupus dibandingkan ras kulit putih
  • Angka kematian berdasarkan penelitian terakhir menyebutkan bahwa 90%  odapus bertahan hidup hingga lebih 5 tahun dan sekitar 80% bertahan sampai 10 tahun
  • Lupus disebut juga sebagai penyakit seribu wajah, karena banyak gejala yang berbeda pada masing-masing odapus. kadang nyeri sendi, ruam pada kulit, trombosit yang ngedrop, Anemia, sakit pada ginjal, kadang juga agak sensitif terhadap sinar UV.
  • Kemungkinan untuk memilki keturunan tipis sekali
  • Saat stress, virusnya akan semakin ganas
  • Informasi terakhir yang saya peroleh, FDA Amerika sudah mengeluarkan ijin untuk peredaran obat Lupus, tapi ternyata obat ini hanya mampu membuat Odapus bertahan hidup normal selama 6 bulan, selanjutnya harus diinfus obat ini lagi, harga satu labu nya kurang lebih sekitar Rp. 20.000.000

Kembali ke Kimoy…

Dalam kebingungan atas penyakit yang dideritanya, Kimoy pulang dari rumah sakit, dan banyak sekali obat yang harus diminumnya, ada jenis obat kanker, untuk rematik ada juga, bahkan Prednison salah satu jenis obat Kortikosteroid yang mempunyai efek samping juga jika dikonsumsi dalam waktu yang lama, apalagi dengan dosis yang lumayan tinggi. Berharap untuk sembuh namun obat yang diminumnya sangat beresiko merusak organ tubuhnya yang lain.

Saat itu aku coba cari info tentang Lupus, dalam sebuah seminar aku tahu ada sebuah organisasi Nirlaba yang bergerak dalam pendampingan Odapus, namanya Yayasan Syamsi Dhuha pimpinan Ibu Dian Syarief, seorang Odapus yang gigih memperjuangkan nasib para Odapus, pada saat bertemu dengannya, saat itu penglihatannya hanya sekitar 5% lagi karena SLE , namun beliau sangat tegar sekali dan penuh percaya diri dalam melakukan pendampingan.

3 Bulan Kemudian

Kimoy masuk RS lagi, rawat inap dan harus ditranfusi 6 labu darah + tambah dosis obat

3 Bulan Kemudian

Kimoy masuk RS lagi

Tahun 2004 berarti 3 kali Kimoy masuk RS

Tahun 2005…

Kimoy 4 kali masuk RS

Tahun 2006…

Kimoy 4 kali masuk RS

Tahun 2007…

Kimoy 3 kali masuk RS

Tahun 2008…

Setelah setahun pensiun dari RS, awal November kimoy dalam seminggu 2 kali masuk RS

Pagi Ini…

Mungkin saat ini sedang bersiap-siap untuk berangkat kerja dari tempat kostnya, lalu berjalan kaki ke kantornya yang hanya berjarak 200 meter, sebuah perusahaan BUMN di Bandung, dimana dia bekerja sebagai staf acounting.

Adikku + Lupus = Tegar

Sikap optimis dalam menatap masa depan, ingin diperlakukan sama selayaknya orang sehat. Tegar ! itu yang bisa aku ungkapkan, aku dan ibuku pun selama ini melihat kondisi  dia berusaha untuk tetap tegar, namun Kimoy sejak 4 tahun yang lalu telah bersikap TEGAR.

Bagiku, hanya kepada Allah tempat kembali, Hanya kuasa-Nya lah yang mampu menyembuhkan segala macam penyakit, Sebagaimana sabda Rasul…”tiap-tiap penyakit itu ada obatnya…”

Tahun 2009

Ikhtiarnya cukup kuat, Dibalik kesulitan pasti terdapat kemudahan, Insya Allah tahun ini kimoy akan sembuh, obatnya hanya bertafakur kepada Allah SWT…

Mohon Doanya…

IBSN adalah sebuah wadah insan indonesia dalam jaringan internet dengan berbagai jenis blog platform yang memiliki konsep keindahan berbagi berbagai hal bermanfaat untuk kebaikan pada sesama, dengan tujuan untuk membuat hidup ini makin bermakna. VisitIndonesians’ Beautiful Sharing Network

Comments
23 Responses to “IBSN : Adikku + Lupus = Tegar”
  1. hmcahyo mengatakan:

    semoga Allah SWT senantiasa memberikan kesabaran dan pahala yang berlipat

  2. Sassie Kirana mengatakan:

    Terima kasih mas atma..sudah berbagi..
    Sie semakin yakin sie akan sembuh..
    Titip salam buat kimoy yach..
    Semangatnya sangat menginspirasi..
    Keep high spirit ^^v

  3. atmakusumah mengatakan:

    amien sie…jangan pernah bosan untuk meminta sama Allah, Salam balik dari Kimoy…

  4. 4z1z4h mengatakan:

    hanya orang2 terpilih lah yang Allah pilih untuk dapat merasakan nikmatnya bersabar, nikmatnya bersyukur dan nikmatnya sakit… karena sakit itu mampu menggunggurkan dosa-dosa…
    Barakallah…

    Amien..

  5. mirna mengatakan:

    hari ini, mir baru saja pergi periksa ke laboratorium terkait dengan adanya diagnosa dokter mengenai lupus pada diri mir yang ditandai dengan bercak2 merah diseluruh tubuh, rambut rontok, badan panas.. kimoy, mir sangat terinspirasi dengan semangat mu tp seandainya hasil lab menytakan mir memang lupus, mir masih takut menghadapi kenyataan itu nantinya.

  6. online mengatakan:

    sangat menarik, terima kasih

  7. Rindu mengatakan:

    Kimoy pasti sembuh, karena doa mas-nya yang luar biasa …

    Atma : Amin…Insya Allah Ade juga…sembuh ya..🙂

  8. didot mengatakan:

    baru baca ini… ,gimana kabarnya mas sekarang adikmu ini ??

  9. cempaka mengatakan:

    salam.. kenal🙂 salam Odapus🙂 mba kimoy seamangat ya… cempaka juga tetup semangat .. keep fighting!!!!

  10. age mengatakan:

    semoga cepat sembuh……………..menarik sekali
    gimana kbrnya kimoy?

  11. jikz mengatakan:

    GWS adik :”)

    Jasa SEO

  12. Aisyah mengatakan:

    Selamat Sore. Bagaimana kondisi Kimoy?Semoga semangat dan ketegarannya berbuah Pertolongan Yang Maha Kuasa. Saya juga baru saja didiagnosa suspect SLE karena ANA Test Positif. Semoga saya bisa setegar Kimoy. Salam buat Kimoy.

  13. Anita mengatakan:

    Tetap semangat dan jangan lupa berdoa

  14. Anonim mengatakan:

    Semoga lekas sembuh, kalau allah sudah berkehendak tidak ada yg tidak mungkin… Lekas sembuh dan sehat kembali… Aamiin aamiin aamiin

  15. ema mengatakan:

    Semoga lekas sembuh dan sehat seperti sedia kala…. Aamiin aamiin aamiin…

  16. Godblessyou mengatakan:

    Thankyou untuk penjelasannya tentang lupus.3 bulan yang lalu saya mengidap anemia hemolitik juga. Labu yang di transfusikan sama, sebanyak 4 buah. Setelah 3 bulan, rambut saya mulai rontok. Awalnya sama seperti rambut rontok normal, tetapi sampai skg jumlah rambu yg rontok semakin banyak. Bisa di bilang, sangat banyak. Dokter juga menyankan untuk tes panel ana. Apa adik kakak dulu mengalami kerontokan rambut seperti saya juga?

  17. Anonim mengatakan:

    Ccepet sembuh ya Kimoy …. aku menangis membaca blog ini … karen kemren sore anakku juga harus tes ANA … semoga hasilnya baik tidak ada penyakit dan anakku sehat, aamiin.
    Mas Atma …. seorang Kakak yang luar biasa …
    Bagaimana kabar Kimoy sekaranmg Mas ….Semoga selalu sehat dan dalam lindungan Alloh SWT. aamiin.

  18. aryanti mengatakan:

    Ada obat herbalnya tdk?? Please apkah yg hrs dlakukan tk merawat odipus

  19. Dessy mengatakan:

    salam kenal untuk mbak Kimoyy
    kisah mbak memotivasi aku untuk tetap berjuang
    kita semua layak hidup normal mbak
    harus terus berjuang
    buat mas atma support buat adeknya keren banget

  20. nady mengatakan:

    ngebaca ini lagi untuk yang kesekian kalinya, dan tetep aja bikin nangis…buat kimoy tetap semangat ya,km punya kakak terbaik yang akan slalu jagain km….buat kakaknya kimoy jg jgn lupa jaga kesehatan sendiri jg ya..take care…

Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] tentang Penyakit ini, Itu juga yang saya alami ketika penyakit ini menimpa adik saya. Saat ini Informasi tentang LUPUS sudah banyak disampaikan di Media Cetak, Elektronik, ataupun […]

  2. cicicow mengatakan:

    […] IBSN : Adikku + Lupus = Tegar […]



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Yang lagi liat-liat

  • IBSN

    Indonesians’ Beautiful Sharing Network

%d blogger menyukai ini: