Mengingat Allah Setiap Saat…

Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku (QS AL Baqarah 2:152)

Ingat kepada Allah seperti apa sebenernya yang harus kita lakukan ?
Itu pertanyaan pertama kali saya ketika saya mendengarkan nasihat tentang keutamaan Mengingat Allah, namun pertanyaan itu memang tidak saya lontarkan, karena saya simpan dalam hati…Mengapa ? karena bagi saya pribadi, Mengingat Allah tentunya harus dlakukan setiap saat, kapanpun dan dimanapun…Dalam shalat 5 waktu ? tentu saja, tapi kadang Hati saya merasakan bahwa tidak cukup dalam 5 waktu saja kita mengingatNya, tidak hanya pada saat kita membaca Al Qur’an, atau pada saat kita berkumpul dalam sebuah majelis pengajian, juga dalam ibadah-ibadah ritual lainnya, baik yang wajib ataupun sunnah.

Karena, dalam 24 jam aktifitas kehidupan yang saya jalani, jujur saya akui bahwa waktu shalat saya tidak lebih lama dari aktifitas pekerjaan saya sehari-hari, bahkan jika dibuat “statistiknya”, porsi aktifitas duniawi  pastinya akan lebih banyak :) . Jadi…yang harus mampu dilakukan, adalah mengingat Allah (Dzikrullah) sebanyak mungkin yang mampu kita lakukan, bertasbih kepadaNya sebanyak mungkin, bukankah Malaikat juga bertasbih kepadaNya (QS Al Baqarah : 30), Langit, bumi beserta isinya pun Bertasbih kepadaNya (QS Al Isra : 44).

Mengingat Allah sebenarnya dapat kita rasakan dan  kita tanamkan selamanya seumur hidup melalui Akal dan Pikiran , serta pada Hati, Perasaan dan Jiwa/Rohani. Namun, Mengingat Allah dengan Akal dan Pikiran saja tidak akan tertanam dalam Hati, Perasaan dan Jiwa. Hanya akan bertahan beberapa saat saja, dan kemudian dengan mudah akan lupa dengan begitu saja.

Karena, kita harus mampu menghadirkan Allah dalam setiap aktifitas kita, hingga kita betul-betul merasakan kecintaan yang sangat kepadaNya. Dan…Sebaiknya janganlah kita sampai melupakan kegiatan Mengingat Allah ini, bahkan sampai melupakan Allah, hanya karena kehidupan Dunia, Harta, Anak-Isteri serta kesibukan-kesibukan didalam ber-ikhtiar, ber-usaha maupun pekerjaan kita.

Jika diumpamakan, kita memiliki keluarga yang harmonis, Istri yang baik, anak-anak yang lucu-lucu, biasanya, akan ada banyak ingatan kita yang selalu tertuju kepada mereka, karena bentuk kecintaan kita kepada mereka.

Atau…

Misalkan kita punya kekasih pujaan hati :) , biasanya kita akan coba untuk membuatnya juga mengingat kita, dengan kirim sms, telpon, kirim e-mail..atau apapun bentuknya yang membuat dia menjadi ingat kita,  agar kondisinya sama dengan yang kita rasakan, mau tidur, bangun tidur, lagi kerja kita juga ingat terus si dia…

Jadi…

Memindahkah rasa, mengalihkan rasa dari mengingat MakhukNya secara berlebihan, tentu menjadi lebih penting agar jangan sampai kita menjadi terlena dan melupakan Allah, sebanyak mungkin kita cari upaya untuk mencari perhatianNya, MembuatNya menjadi mengingat Kita juga, dan tentunya janji Allah pasti, kita Ingat terus, Ia pun akan Ingat Kita, dan hasilnya pasti luar biasa jika Allah Ingat kepada kita saat kita berdoa, saat kita memohon petunjuk dan pertolonganNya…Ini yang saya harapkan sekali  :)

Tentunya, mengingat Allah perlu kita latih, kita biasakan juga. Hingga kita mampu Ingat kepadaNya, dalam setiap keadaan…

Saat kita diberikan kenikmatan, kita menjadi pribadi yang bersyukur…
Saat kita di uji dan ditimpa musibah, kita akan menjadi pribadi yang bersabar…
Saat kita terluka, kita tetap yakin bahwa Semua kehendakNya adalah yang terbaik untuk kita…

Banyak hal kebaikan tentunya yang dapat kita rasakan dari mengingat Allah…
Dengan Catatan, MENGINGAT ALLAH INI KITA LAKUKAN SEUMUR HIDUP KITA… !!

Satu hal lagi, Di dalam mengisi kehidupan di dunia ini, Allah Swt, telah menjanjikan kepada siapa saja yang mengingat Allah, akan mendapatkan,
Ketentraman…
Ketenangan…
Kesabaran…
Catatannya…Next Posting aja yah… :D

Comments
43 Responses to “Mengingat Allah Setiap Saat…”
  1. alamendah mengatakan:

    (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Mampu mengingat Allah disetiap saat merupakan sebuah kebahagian yang tidak ternilai. Namun untuk itu seertinya setan terlalu banyak mengganggu.

    Atma : Senantiasa Mengingat Allah…Insya Allah, akan menjauhkan setan kepada kita…makanya dianjurkan mengingat Allah setiap saat… :)

  2. tary si kuman mengatakan:

    semoga saja dalam setiap hembusan nafas kita, selalu ada nama Allah disana.

    Atma : Amin Ya Rabb…

  3. diajeng mengatakan:

    subhanalloh…artikelnya ngena banget…makasih kang :)

    Atma : :)

  4. nh18 mengatakan:

    Dalam setiap tarikan nafas kita …
    Dalam setiap hembusan udara kita …
    Dalam setiap denyut nadi kita …
    terkandung berjuta-juta kasih sayang dari SANG MAHA PENCIPTA …

    So …
    Masih beranikah kita melupakan kenikmatan tersebut …
    Kenikmatan … setiap saat … setiap waktu …

    Salam saya Mas Atma

    Atma : betul Om…maka Nikmat Sang Maha Pencipta yang mana lagi yang sanggup kita dustakan…
    Semoga kita senantiasa selalu bersyukur atas semua NikmatNya…Amin

  5. cantigi mengatakan:

    ditambah dg dhuha tiap nyampe kantor, bikin hati jadi ademmmm, pikiran makin jernih, narik nafaspun jadi nyaman, kerjaan insya allah dimudahkan, leres kang? hehehee.. apalagi sholat subuh di puncak gunung (dule tea nuju kuat keneh paru2 na huee..huee..) trus nungguin matahari terbit, hhh.. susah diomongin kalo ini mah kang, kanggo pribados we lah… ^_^

    Atma : iya bener kang…Adem, tentram… :)
    Ehm…paru2na tos kiat nya ? tadinya mau diajak balap lari naek gunung :mrgreen:

  6. Em mengatakan:

    Rezeki tak ternilai bila q masih Allah berikan waktu..
    ‘tuk selalu ingat akan NYA..
    karena aq pun takut bila Allah lupa kan aq….

    Atma : Janji Allah, jika kita senantiasa mengingatNYA, maka Ia akan membalasnya…dan Ia pun akan Ingat kepada kita…

  7. darahbiroe mengatakan:

    membaca bacaan tasbih disetiap saat menginggat allah juga yaw

    berkunjung n mohon kunjungan baliknya makasih

    Atma : Iya Kang…baca Subhanallah…

  8. denindodutacipta mengatakan:

    SALAM KENAL dan SALING MENGUNJUNGI serta SALING BERBAGI.WAH…WEB-NYA CUKUP INFORMATIF …OYA,BISA PASANG LINK/BANNER GA YAH…???
    HTTP: / / DUTACIPTA.WORDPRESS.COM :roll:

    Atma : Linknya Lupa terus mau saya pasang… :)
    Terimaksih kunjungannya

  9. nakjaDimande mengatakan:

    Tolong ingatkan, aku sering lupa
    mengira bahwa napas ini adalah milikku sepenuhnya.

    Atma : Saling mengingatkan ketika kita lupa, dan saling menguatkan ketika ingat…itukan manfaat dari seorang sahabat bundo…kita sama2 saling mengingatkan yah… :)

  10. sauskecap mengatakan:

    aku sama dengan bundo, lebih banyak lupanya daripada ingatnya

    Atma : Berarti jawabannya sama … :)

  11. isil mengatakan:

    bener mas..mengingat Allah layaknya mengingat seorang kekasih..
    makasih telah mengingatkan sil tuk terus mengingat Allah dalam setiap langkah..

    Atma : Layaknya mengingat seorang kekasih…Dan Allah adalah KEKASIH SEJATI kita, yang takkan meninggalkan kita jika kita senantiasa mengingatNYA…

  12. tukangobatbersahaja mengatakan:

    terimakasih sudah mengingatkan.
    Ingat Dia disetiap hembusan nafas :D

    Atma : Iya mengingatNya disetiap Hembusan nafas…Insya Allah Kita mampu kok… :)

  13. jalandakwahbersama mengatakan:

    Assalamu’alaikum, Allah Swt berfirman, “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram”. (QS. Ar Ra’d {13} : 28). (Dewi Yana)

    Atma : Wa’alaikumsalam…
    Terimakasih Tulisan Ayat Ini mbak dewi… :)

  14. Zaki mengatakan:

    Memindahkan rasa cinta dari kekasih kepada Allah SWT adalah kalimat yang indah, dan paling sulit dilakukan oleh manusia.

    Atma : Paling sulit…biasanya nilainya juga besar loh…Insya Allah kita mampu…Intinya, Tidak mengurangi kecintaan kita kepada Allah…

  15. Nisa mengatakan:

    subhanallah.. :’)

  16. indra1082 mengatakan:

    semoga selalu dapat meningat Allah SWT, dan selalu diingatkan oleh-Nya

    Atma : Amin Ya Rabb

  17. bunda_ransi mengatakan:

    asalamu’alaikum A’

    Jadi ingat Surat Ar Rahman ya
    Nikmat Allah mana lagi yang akan kita pungkiri
    ketika semua yang kita lakukan adalah kenikmatan
    bahkan jasad inipun bukan milik kita, hanya pinjaman
    he..he.. selalu saling mengingatkan ya A’
    wassalamu’alaikum wr. wb

    Atma : Iya, 31X disebut…bener Ndah saling mengingatkan… :)
    Ayo Ngeblog… :D …hloo… :)

  18. Hary4n4 mengatakan:

    MengingatNya..membuat hati dan jiwa menjadi tenang.. MengingatNya, membebaskan diri dari segala belenggu…
    Menarik sekali tulisannya.. Salam hangat dan damai selalu…

    Atma : Membuat Jiwa menjadi Tenang, sabar dan tenteram kang… :)

  19. bluethunderheart mengatakan:

    post yg baik
    dan blue senang mendapatkannya
    makasih y maz
    salam hangat dari blue

    Atma : Makasih blue…hangat juga yah kalo datang kesini ? :D

  20. Rindu mengatakan:

    Pribadi pendzikir … diamnya adalah dzikir, bicaranya adalah dakwah, matanya terjaga, lisannya terlindungi.

    Atma : Sering denger kalimat itu…Muridnya Arifin Ilham yah ? :D

  21. bocahbancar mengatakan:

    Hhmm…..Massss, saya sangat ingin bisa mengingat Allah setiap waktu, setiap saat, namun…. Masih berusaha Mas….

    Mohon doa nya ya dan salam semangat selalu

    Atma : Insya Allah kita mampu Joe…terus menerus dan jangan pernah putus asa dalam mengingat ALlah, itu Kuncinya… sering2 aja kita saling mengingatkan yah Joe…

  22. ABDUL AZIZ mengatakan:

    Assalamu’alaikum,
    Nembe tiasa deui ka dieu Kang, kumaha damang ?
    Untuk senantiasa mengingat Allah bila tidak diniatkan dengan sungguh-sungguh rasanya terlalu sulit. Sering dalam shalat pun tidak khusyu. Dzikir yang dilakukan harus tertanam dalam hati, jangan hanya di mulut saja.
    Sering kita lihat orang membaca bismillah sebelum makan, tapi tampaknya hanya merupakan kebiasaan saja, bukan dzikir yang keluar dari hati, sebab ia tidak menunjukkan ekspresi rasa syukur telah diberi nikmat oleh Allah SWT.
    Terima kasih Kang telah mengingatkan sesuatu yang sering terlupakan.

    Salam dari Cianjur

    Atma : Wa’alaikumsalam
    Hatur nuhun pak, tebih2 ti Cianjur ngalongok kadieu :D….
    Menyertakan Hati dalam mengingat ALLAH… begitu kan ya pak…Insya Allah kita mampu jika terus menerus mendawamkannya… :)

  23. Rindu mengatakan:

    Mas … cepet pulang yah :) saya tunggu dirumah. Cepet pulang !!

    Atma : Rumahnya yang ada kebun Mawar merah itu yah ? :)
    Pagarnya jangan digembok yah :D

  24. bundadontworry mengatakan:

    Mas Atma tolonglah selalu bunda diingatkan, agar dlm tiap helaan nafas selalu ada namaNYA.
    lahwla wala quwwata illa billahi hilaliyilladziiim.
    salam.

    Atma : Sama-sama Bunda…Kita saling mengingatkan yah :)

  25. elmoudy mengatakan:

    Ingat Allah…. terkadang lupa.
    sulit memang untuk selalu ingat Allah..
    hanya ketika kita dirundung masalah.. biasanya baru nyadar kalo ingin deket dengan Allah..
    tapi kalo pas lagi sibuk… hati suka lalai
    semoga Allah slalu mengampuni kelalaian itu
    dan diberi daya untuk slalu ingat dengan Nya

    Atma : Disaat diberikan kenimatan, kita senantiasa bersyukur…dan bersabar dikala diberikan ujian… ketika lalai, bersegara memohon ampunan kepadaNYA…Nikmat loh mas… :)

  26. vizon mengatakan:

    Dengan senantiasa mengingat bahwa Allah bersama kita di setiap hembusan nafas, maka tidak akan ada pikiran untuk melakukan keburukan sedikit pun. Namun sayang, kehidupan duniawi seringkali melenakan kita akan hal ini Mas Atma… terima kasih sudah mengingatkan akan hal ini :)

    Atma : Bener Uda, kehidupan Duniawi seringkali melenakan kita, Untuk itulah senantiasa kita saling mengingatkan…saya juga diingatkan terus ya Uda… :)

  27. Didien® mengatakan:

    Tulisan ini sungguh luar biasa..mengingatkan dan semakin mencerahkan kehidupan saya…ketika kita melakukan apapun seharusnya selalu mengingat Allah, agar senantiasa bahagia menjalani hidup ini karena Allah..insyaAllah Amin

    salam, ^_^

    Atma : Amin…Insya Allah kita mampu kang…

  28. Caride™ mengatakan:

    semoga kita menjadi umat yg selalu mengingat nama Allah..selalu bersyukur atas ni’mat²-Nya amin ya rabbal alamin..

    Atma : Amin Ya Rabb…

  29. d-Gadget™ mengatakan:

    saya pribadi selalu berusaha mengingat dan menyebut asma Allah , agar arah hidup ini selalu berada di jalan-Nya amin

    Atma : Amin…Kita saling mengingatkan kang, agar mampu meraih Istiqomah dalam mengingatNYA

  30. harumhutan mengatakan:

    insya ALLAH,akan selalu men9in9atnya
    dalam setiap hembusan nafas..

    trimakasi suda diin9atkan kembali
    *suka lupa ju9a terkadan9 :) *

    Atma : Insya Allah Bisa… :)

  31. Siti Fatimah Ahmad mengatakan:

    Assalaamu’alaikum

    Maaf, lama juga tidak berkunjung ke laman mas Atma ini, alhamdulillah, beberapa hari ini dapat melakukan BW kerana kebatasan waktu untuk bersama di maya pada atas komitmen tugas.

    Subhanallah, saya juga membincangkan tentang persahabatan dengan Tuhan yang menjadi sumber kecintaan dan pengibadatan kita. Mengingati Allah tidak punya batas ruang waktu dan tempat. di mana-mana kita boleh menginagti Allah. Lidah dan hati adalah sumber yang menyampaikan ingatan kita kepada Allah melalui zikrullah. Mudahan kita menjadi hamba yang sentiasa meletakkan Allah swt di tempat paling tinggi di hati kita.

    Maha suci Allah yang baginya aku hidup dengan indah di muka bumi ini dan kematianku sebagai pemutus antaraku dengan dunia dan permulaan jalanku untuk menemuiNya. Mudahan pertemuan tu nanti mendapat keredhaanNya.

    Terima kasih mas Atma atas maklumat dan tulisan pesan yang sangat mengesankan saya. Mudahan kita semua sentiasa dalam hidayah dan rahmatNya. Amiin. Salam mesra selalu dari Sarawak, MALAYSIA.

    Atma : wa’alaikum salam…
    Umi lagi sibuk yah ?
    “Mengingati Allah tidak punya batas ruang waktu dan tempat. di mana-mana kita boleh mengingati Allah” betul sekali Umi…karena kemanapun kita menghadap, disitulah Allah berada…dimanapun kita berada, sesungguhnya Allah selalu menyertai kita…

    Salam saya Umi…

  32. cantigi™ mengatakan:

    bener kang, setuju bgt. dzikrullah, tafakur, dhuha, tahajjud, sedekah, 5 waktu, bikin hati jd adem, pikiran makin jernih, aktifitas ibadah makin baik, duniawi makin dimudahkan, kesehatan dijaga, mantap!

    Atma : Jadi alasan apa lagi yang mampu memalingkan kita dariNYA ya kang…

  33. Dan (TlsnKhdpn) mengatakan:

    Mengingat ALLAH bahwa Dia Maha Suci, Maha Baik, Maha Esa, tiada siapapun yang setara dengan-Nya. Subhanallah, Maha Suci ALLAH, laisa kamitslihi syai-un..

    Mengingat ALLAH bahwa seluruh ni’mat yang kita rasakan, yang kita sadari maupun tidak, semuanya adalah dari ALLAH, alhamdulillaah, puji syukur kepada-Nya.

    Mengingat ALLAH bahwa Dia-lah Yang telah menciptakan kita dan seluruh alam, tak ada sekutu bagi-Nya, maka hanya Dia-lah yang berhak tuk disembah. Laa ilaaha illallaah, tiada yg berhak diibadahi selain ALLAH.

    Mengingat ALLAH bahwa Dia Maha Besar, dan kita kecil, sungguh tak layak diri ini sombong membanggakan diri. Allahu Akbar, ALLAH Maha Besar.

    Semoga ALLAH senantiasa mengampuni kita, merahmati kita, memberikan hidayah, keselamatan, rizqi dan pertolongan-Nya pada kita. Amin.

    Terima kasih ya Mas Atma.

    Atma : Amin…Terimaksih mas Danang, atas Doa-doa ini…Semoga kita tetap saling mengingatkan yah… :)

  34. Blogger Bertasbih mengatakan:

    Subhanallah..hanya tasbih yang bisa kami lakukan meliht postingan ini

    Atma : Alhamdulillah, saya dapat sahabat baru…saya suka nama blognya…

  35. accan mengatakan:

    Ya ALLAH…

    Atma : Yaa Habibisy Syahiid

  36. indahrephi mengatakan:

    makasih buat pencerahannya mas.. aku ini kebanyakan ngeluhnya dari pada inget sama Allah :(

    Atma : Oke ndah…kalau begitu, kita balik…banyak mengingatNYA, dan mengeluhlah kepadaNYA dalam seiap doa kita… biasanya mengeluhnya ilang tuh kalo dah banyak Inget Allah… Bisa kan ? :)

  37. didot mengatakan:

    banyak manusia bilang cinta Allah,kenyataannya? hanya sedikit yg mau berkorban buat ALLAH. apakah cinta tanpa pengorbanan?

    justru meluangkan waktu kita sejenak saja ditengah kesibukan itu sudah sangat berarti, Allah juga maha tahu tentunya,kalo kehidupan dunia itu mengasyikkan buat kita,maka BELIAU tentu juga akan sangat menghargai tatkala kita ingat ,walaupun hanya sejenak saja (apalagi kalo sering)

    mas atma ,tulisannnya bagus2,saya tadinya cuma mau komentar 1 tulisan ,ini udah 3 lho hehehehehe:D

    Atma : Bertafakur sejenak lebh baik dari pada Ibadah setahun…
    Itu menadakan bahwa merenung dan mengingat Allah, merupakan Ibadh Yang Agung…
    Maksih Mas, Kunjungan perdannya langsung meninggalkan Jejak 3 Komentar :D , sering2 aja yah kesini…

  38. didot mengatakan:

    insya Allah sering mampir mas,kayaknya tujuan kita menulis sama nih,sekalian cari pahala dan mengajak kepada kebaikan:)

    Atma : Amin…Alhamdulillah, bertambah saudara Ngeblog… :)

  39. Endi mengatakan:

    Aslmkm. Salam kenal. Artikelnya bagus, izin share ya..

  40. jenkinson mengatakan:

    mengingat allah dan selalu untuk di ingatkan :)

    Pest Control

  41. Lisma qurrota a'yun mengatakan:

    Allah selalu menjaga kita tp apa blasan kta kpada allah kita tk pernah menginggatnya allah than kita selalu memaafkan kta tp mengapa q tak pernah minta maaf pda nya semoga allah masìh sayang pd kta amin

  42. wawan824 mengatakan:

    Peluang Bisnis Dahsyat Yusuf Mansur. “Orang islam harus KAYA”
    dan “Beli Kembali Aset Indonesia” dengan INDONESIA BERJAMAAH
    Segera Amankan Posisi Anda, Segera JOIN bersama
    Komunitas VSI , bisnis terbaru Ustadz Yusuf Mansur
    Dengan Produk V-pay ( Virtual Payment ) Anda akan
    dimudahkan dalam hal urusan pembayaran listrik,
    telpon, pulsa, PDAM, TV Berbayar, Internet, Asuransi,
    Kartu Kredit dan lain-lain. Transaksi dapat dilakukan
    melalui Website, SMS, Android, BlackBerry, iPhone dan YM.
    jadikanlah pengeluaran anda(mw g’ mw anda pasti beli pulsa makanya di namakan pengeluaran OK) menjadi penghasilan dan investasi masa depan anda..
    Penasaran Dengan gmana cara menjadikan pengeluaran menjadi penghasilan dan investasi masa depan anda gabung di
    Bisnis Vpay Kunjungi Website: KLIK DISINI

Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. cicicow mengatakan:

    […] Mengingat Allah Setiap Saat… […]



Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 34 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: